HOME

Rabu, 27 April 2011

Info bahan manisan herbal



Manisan herbal produksi Herba asri, dibuat dari rimpang  empon-empon sebagai bahan bakunya. Adapun bahan lainnya adalah gula pasir (sukrosa) sebagai pengawet, gula aren, dan rempah-rempah untuk menambah aroma. Produk ini diperuntukkan sebagai camilan yang praktis dan enak untuk dikonsumsi langsung, yang mana sedikit banyak masih memiliki khasiat bahan.

Jahe 
Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan.  Tanaman jahe tumbuh dan mampu bertahan hidup  di daerah tropis, sehingga penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika.
rimpang jahe
       
Tanaman jahe terutama rimpangnya mempunyai bau aromatik dan rasa pedas. Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman jahe yaitu minyak atsiri, flavonoid, polifenol, zingeberen, kamfena, borneol, sineol, limonen, pati, dammar, asam ornagik, asam malat, asam oksalat, fellander, niacin, vitamin A, dan protein.
      
 Jahe biasa digunakan sebagai bumbu masak maupun bahan obat dan jamu. Selain sebagai penghangat bagi tubuh, terlebih disaat musim dingin, jahe juga banyak digunakan pada ramuan penambah stamina (jamu godhok Secang, STMJ, dll.), pereda batuk, dan pencegah influenza.


Kunyit Putih

Kunyit putih terdiri atas dua jenis yakni Temu putih (Curcuma zedoaria) dan Temu mangga (Curcuma mangga Val.), namun di pasaran yang akrab disebut sebagai kunyit putih ialah jenis temu mangga. Tanaman ini termasuk anggota family Zingeberaceae yang berbau aromatik seperti mangga.
rimpang temu mangga

Kandungan kimia temu mangga terdiri atas: senyawa tannin, kurkumin, amilum, gula, minyak atsiri, dammar, saponin, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker.
     
Rimpang temu mangga berkhasiat untuk mengatasi kanker, sakit perut, mengecilkan rahim setelah melahirkan, mengurangi lemak perut, menambah nafsu makan, menguatkan syahwat, keputihan, asma, demam dan masuk angin.
 



Kencur
 
Tanaman Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-emponan atau tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).
tanaman dan rimpang kencur

Kandungan kimia dalam rimpang Kencur antara lain: pati (4,14 %), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.

Kencur banyak dikenal masyarakat sebagai bahan untuk pembuatan jamu atau obat-obatan, bumbu masak, serta olahan lainnya. Sebagai obat kencur banyak dimanfaatkan untuk tonikum yang biasa diberikan ke anak-anak dengan khasiat menambah nafsu makan. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai jamu untuk penghilang lelah, pereda batuk, dan mencegah masuk angin.

2 komentar:

  1. Selamat aku ucapkan moga herba asri dapat menjadi solusi bagi orang-orang Indonesia untuk hidup sehat. Maju terus untuk herba asri moga lancar terus. amin

    BalasHapus
  2. Oke bu, matur nuwun atas doanya..Semoga usaha kita lancar jaya dan barokah..Amin

    BalasHapus